"Selamat Datang Di Kinabi Poetra | Blog"

1 Okt 2020

Pengujian Hasil Perakitan Komputer

,

 1) Pengertian beep code bios

Beep code merupakan hasil dari tes awal hardware yang dilakukan oleh bios komputer yang disebut POST.Power-on self-test (POST) adalah tes yang di lakukan oleh bios komputer pada waktu pertama kali menyala untuk memastikan semua perangkat keras berfungsi dengan benar dan memenuhi persaratan minimum sistem sebelum memulai sisa proses booting. Jika komputer berhasil melakukan POST akan mengeluarkan suara beep tunggal (beberapa produsen komputer BIOS mungkin berbunyi beep dua kali) sebagai tanda komputer mulai menyala dengan normal. Namun, jika komputer gagal melakukan POST, komputer tidak berbunyi beep sama sekali atau menghasilkan bunyi kode beep, yang bisa memberitahu sumber masalah kepada penguna komputer..


Setiap Komputer memiliki tampilan POST BIOS yang berbeda , tergantung jenis BIOS yang digunakan pada motherboard. Kadang POST BIOS ini tidak muncul di layar, tetapi diganti logo merek komputer. Dengan men-desable tampilan logo (dari dalam BIOS ), maka POST BIOS akan tampil di layar.

2) Jenis beep code POST bios dan artinya

Bunyi beep code pada setiap komputer berbeda-beda tergantung pabrikan komputer dan jenis bios yang dipakai,produsen bios secara umum ada 4 produsen yaitu AMI BIOS,AWARD BIOS,PHONIX BIOS serta MAC BIOS untuk komputer pruduksi Apple yang mengunakan sistem operasi macintosh.Berikut ini beberapa tabel beep code dari masing masing produsen bios dan arti dari beep code tersebut untuk memudahkan komponen mana dari komputer yang harus di cek.

        1. AMI bios beep code – Berikut adalah kode Beep AMI BIOS yang dapat terjadi. Namun, karena             berbagai produsen komputer yang berbeda mengunakan BIOS ini, beep code mungkin                             bervariasi. 

            

       2. AWARD bios beep code – Berikut adalah kode Beep AWARD BIOS yang dapat terjadi. Namun,             karena berbagai produsen komputer yang berbeda mengunakan BIOS ini, beep code mungkin                 bervariasi. 

            

3) Pengecekan perangkat input, proses, output dan media penyimpanan pada BIOS

Pengecekan perangkat pada Bios biasanya berjalan secara otomatis pada waktu POST mulai bekerja,apabila ada kesalahan hardware akan ditampilkan pada monitor,berikut contoh gambar informasi hardware pada POST:

Dari informasi hasil POST di atas dapat kita simoulkan beberapa hal yaitu: Type prosesor adalah Intel Core 2 Quad Q9300 2.50 GHz dan terdetek dengan baik,Memory sebesar 2Gb juga terdetek dengan baik,serta hardisk dan dvd rom yang masing masing bisa dikenali pada waktu POST.

Untuk Pengecekan lebih Detail bisa dilakukan setelah masuk bios. Temperatur CPU komputer,
 

Sumber : Buku Perakitan Komputer, Hak Cipta © 2013, KementeriaN Pendidikan & Kebudayaan

0 komentar to “Pengujian Hasil Perakitan Komputer”

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.