"Selamat Datang Di Kinabi Poetra | Blog"

12 Okt 2012

Solusi Dan Cara Cepat Install Driver Laptop-PC Menggunakan DRP

,
Sering terjadi khan setelah kamu habis install OS Windows di Laptop-Netbook-PC (apa itu WinXP, Win Vista atau Win7) bingung mencari driver perangkat-nya? Baik itu driver chipset, soundcard, display/vga, NIC/LAN, Wifi dan sebagainya. Dan sebagai contoh, mungkin kamu juga sudah membaca Artikel saya tentang Cara Install Souncard Realtek HD Audio, yang begitu ribet dan njlimet itu…hehehe. Tapi jika kamu pakai atau menggunakan sebuah Software bernama DRP-DriverPack Solution, semua proses Installasi Driver perangkat akan lebih mudah dan cepat selesai. Pokoknya dengan beberapa klik, tunggu beberapa menit, semua driver ter-install!… Jika ingin tahu mengenai penggunaan DRP ini, ikuti dahulu penjelasan berikut ini.

Mengapa DRP-DriverPack Solution

Hilangnya CD/DVD Driver bawaan Laptop atau kalo PC biasanya Driver Mainboard, kesulitan mencari dan download driver di Internet (nggak nemu situsnya ), atau mencoba menginstall satu-satu drivernya – nyari yang cocok! Itulah beberapa alasan penting, mengapa saya sarankan memilih DRP. Dengan menggunakan DRP untuk instalasi driver, kamu hanya membutuhkan beberapa menit saja untuk melengkapi semua driver-driver yang diperlukan oleh perangkat komputer kamu. Sehingga nantinya PC kamu bisa digunakan se-maksimal mungkin, karena semua perangkat mampu dikenali dengan benar oleh Sistem Operasi.
Sebenarnya cara kerja DRP hampir sama dengan software Driver Pack pada umumnya (CD/DVD driver bawaan), sekali klik – diaktifkan, DRP akan langsung mendeteksi dahulu Informasi Umum yang ada di komputer kita (baik Hardware maupun Software), terutama deteksi perangkat sudah memiliki driver apa belum. Kalau sistem di PC kita belum ada driver-nya ( di device manager bertanda seru-tanda tanya ) DRP langsung memberitahu dan menawarkan ketersediaan driver yang dia miliki (di database Folder-Direktori-nya > terserah  dalam USB Flashdisk atau DVD).

Cara Menggunakan DRP-DriverPack Solution

Silahkan download DRP versi terbaru di link berikut :

Download DRP-DriverPack Solution 12.3 FullFreeware alias Gratis, Automated driver installation : The program installs all required drivers to any computer in just about 5 minutes. Saves Time and money, Drivers update capability, Easy to use, Customization ability, Automated driver installation, Any driver for any computer, Distributed for FREE.
Setelah berhasil download DRP ikuti langkah-langkah berikut, agar hasil Instalasi Driver lebih maksimal dan meminimasi resiko kesalahan yang mungkin terjadi. Dalam contoh dan saat eksperimen saya menggunakan Laptop-Netbook Toshiba Satellite L645 Core i3 dengan OS Windows 7 Ultimate dan Software DRP saya Burn/bakar dalam sebuah DVD :
Isi Folder-Direktori DRP
  • 1. Setelah DVD DRP dimasukkan > muncul autorun dan klik Run DriverPackSolution.exe (Publish by Kuzyakov Artur Vyacheslavovic) , dan software DRP akan Loading beberapa saat untuk mencoba menampilkan informasi tentang spesifikasi hardware software dan kondisi installasi driver perangkat komputer/Laptop kita :
Info DRP
  • 2. Langsung saja pilih/klik Menu-Tab Driver > pilih Install saja (tidak perlu Update dulu). Kemudian akan tampil layar Confirm Installation, silahkan fokus untuk memilih Install Driver > Buang tanda centang pada Create Restore Point dilanjutkan klik Start Installation.
Confirm Installation DRP
  • 3. Secara otomatis DRP akan menginstall  driver-driver ke Sistem Operasi yang di ambil dari  Database-nya di Folder ( dev_db dan drp ). Tunggu sebentar-beberapa menit sampai proses Installasi selesai.
Proses Install Driver DRP
Jika setelah proses ini tidak ada pesan/warning apapun dan sistem minta Restart serta saat masuk Desktop GUI Windows (juga di Device Manager tidak ada tanda seru-tanya), berarti proses installasi driver SELESAI!

Add-On Installation

  • Silahkan jika diperlukan Update driver (pilih opsi Update). Tinggal ulangi langkah sebelumnya hingga proses finish dan minta Restart lagi sistem-nya.
Update Driver DRP
  • Tetapi jika pada langkah ke-3(tiga) muncul tulisan ‘Some drivers might not have been installed. Try the “Search the Web” feature‘ atau ‘You need to search the drivers on the Web!‘ yang menampilkan Device ID , diman artinya tidak semua device driver bisa ditangani oleh software DRP (juga lihat Device Manager—ada Unknown device). Maka DRP memberi solusi lewat situs mereka, yaitu mencari device driver secara Online. Dengan kondisi terhubung Internet, silahkan kamu coba solusi tersebut dengan klik/memilih device id yang dimaksud.
Mencari Driver di Web

After Successfully

Setelah berhasil menginstall semua driver-driver yang diperlukan, ternyata ada beberapa masalah yang sedikit mengganggu :
  • Ternyata saat software DRP diaktifkan, dia secara otomatis akan membuat semacam program tambahan untuk update (DRP Su Updater) di Startup Windows – System Configuration. Cara mengatasi ketik Run > msconfig. Buang cawang/centang atau bisa juga lewat Uninstall saja di Control Panel > Add or Remove Programs.
DRP updater MSCONFIG
  • Di My computer > Properties, icon-Logo TOSHIBA (OEM Logo) berubah menjadi Logo DRP, System > Manufacture : DriverPack Solution, juga Online Support-nya. Untuk mengatasi itu gunakan software semacam OEM Logo Remover, kalo saya memanfaatkan Loader : Win7Loaders-AiO (All in One) > pilih 7Loader v1.5 For Ultimate n Pro.By Hazar > pilih Logo TOSHIBA > Restart sistem Laptop/komputer.
Logo OEM DRP DRP di Properties My Computer
Logo OEM TOSHIBA

Kesimpulan Penggunaan DRP

Program Aplikasi andalan, pegangan atau senjata ampuh bagi para teknisi hardware komputer, yah bisa dikatakan seperti itu. Jadi selesai install OS Windows, teknisi tidak perlu susah-susah dan berlama-lama cari driver untuk perangkat di komputer user ( bisa cepet terima fulus/duit…wkwkwk)!
Memang benar tidak ada sesuatu yang sempurna, bahkan seperti DRP-pun  kadang harus tersambung koneksi Internet agar semua driver bisa terinstall semua dan. Sedangkan database dari ID perangkat yang di-injeksikan/diintegrasikan masih menuai keterbatasan dan perlu di-update lagi-terus agar mampu mengenali Hardware terbaru dan biar lebih komplit. Mudah-mudahan diwaktu mendatang Software DRP atau ada software lain, yang bisa sekali klik semua driver TERINSTALL !

Selamat mencoba gan . . .

0 komentar to “Solusi Dan Cara Cepat Install Driver Laptop-PC Menggunakan DRP”

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.