"Selamat Datang Di Kinabi Poetra | Blog"

10 Sep 2013

Mengenai Fedora

,


Fedora (sebelumnya bernama Fedora core, terkadang disebut juga dengan Fedora Linux) adalah sebuah distro Linux berbasis RPM (Redhat Packet Manager) dan yum yang dikembangkan oleh Fedora Project yang didukung oleh komunitas pemrogram serta disponsori oleh Redhat. Nama Fedora Berasal dari karakter Fedora yang digunakan pada logo Red Hat. Pada rilis 1 sampai 6 distro ini bernama Fedora Core yang kemudian berubah menjadi Fedora pada rilis ke-7.
Proyek Fedora dimulai akhir tahun 2003, ketika Red Hat Linux dihentikan. Red Hat Enterprise Linux menjadi satu-satunya distro resmi Red Hat, sedangkan Fedora menjadi distro masyarakat. Bgai Redhat, Fedora merupakan ajang percobaan untuk menghasilkan distro Red Hat Enterprise Linux (RHEL) yang stabil, rilis-rilis RHEL dikembangkan dari versi Fedora.
Pada saat artikel ini ditulis telah sampai pada versi Fedora 17. Versi terbaru Fedora dirilis dua kali setahun. Fedora bisa didapatkan dengan gratis dan akan tetap seperti itu. Fedora merupakan kombinasi terbaik dari software yang terpercaya dan paling baru yang pernah ada dalam dunia software bebas.
Fedora Project adalah sebuah komunitas di seluruh dunia yang orang-orangnya mencintai, menggunakan, dan membangun perangkat lunak bebas. Fedora Project ingin memimpin dalam pembuatan dan penyebaran kode dan konten secara gratis dengan bekerja bersama sebagai sebuah komunitas.
Nilai utama yang menjadi fondasi dari Komunitas Fedora adalah Freedom, Features, Friends, dan First. Baca lebih lanjut tentang keempatnya di bawah ini.


Freedom

Kami percaya kita seharusnya menggunakan dan mendistribusikan perangkat lunak dan kami mempromosikan konten untuk mencapai misi kami untuk memajukan perangkat lunak bebas. Kami menyediakan alternatif gratis untuk kode berpemilik dan konten untuk membuat Fedora benar-benar gratis dan didistribusikan untuk semua orang. Dengan begitu, siapa pun dapat menggunakan salah satu karya kami untuk tujuan mereka sendiri, tanpa kerepotan hukum, untuk lebih menyebarkan perangkat lunak bebas.

Friends

Kami percaya bahwa kesuksesan datang dari komunitas yang kuat, terdiri dari orang-orang di seluruh dunia, bekerja sama. Ada tempat di Fedora untuk siapa saja yang mendukung nilai-nilai kami dan ingin membantu. Dengan bekerja sama satu sama lain secara terbuka dan transparan dan dengan kemitraan, yang kuat mendukung dengan sponsor kita, kita dapat mencapai hal-hal hebat.

Features

Kami percaya bahwa kerja keras untuk menciptakan fitur-fitur teknis yang baru membuat perangkat lunak bebas lebih kuat, fleksibel dan berguna bagi jutaan orang. Kami tidak keberatan mengguncang status quo, kalau itu berarti kita dapat memajukan perangkat lunak bebas. Dan kami melakukannya dengan bekerja sama langsung dengan masyarakat perangkat lunak banyak yang karyanya didistribusikan oleh Fedora. Dengan cara itu keuntungan bagi semua orang, terlepas dari apakah mereka menggunakan Fedora atau tidak.

First

Kami percaya pada kekuatan inovasi dan memamerkan karya baru dalam rilis kami. Karena kami merilis dua kali setahun, anda tidak perlu menunggu lama untuk melihat perangkat lunak terbaru dan terbesar, sementara ada produk Linux lainnya berasal dari Fedora dapat anda gunakan untuk stabilitas jangka panjang. Kami menjaga Fedora bergerak maju sehingga anda dapat merasa yang pertama melihat masa depan.



Semoga Bermanfaat gan . . . 


Sumber



1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.