"Selamat Datang Di Kinabi Poetra | Blog"

Mar 27, 2013

Tahapan Pembuatan ER-Diagram

,


Kali ini saya ingin menjelaskan bagaimana cara membuat ERD (Entity Relational Diagram) dalam database. Sebelum kita membuat ERD ada baiknya kita berkenalan dulu dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan ERD. Untuk membuat ERD kita memerlukan Entitas/Entity, Relasi/Relationship, dan Atribut/Attribute.
ERD adalah pemodelan data utama yang membantu mengorganisasikan data dalam suatu proyek ke dalam entitas-entitas dan menentukan hubungan antar entitas.

Entitas/Entity adalah suatu tempat atau objek untuk menyimpan data. Contoh: Entitas buku untuk menyimpan atribut mengenai buku (judul buku, kode buku, pengarang, dsb). Entity digambarkan dengan Persegi dalam ERD.
Relasi/Relationship adalah hubungan yang terjadi antara entitas atau lebih. Contoh: Entitas buku dan Entitas Pengarang memiliki hubungan “ditulis”, yang artinya, pengarang menulis buku, dan buku ditulis pengarang. Selain itu, terdapat relasi “one to one”, “one to many”, dan “many to many” dalam entity. Relasi ini digambarkan dengan garis dalam ERD.
Atribut/Attribute adalah ciri umum semua entitas atau semua yang ada dalam entitas. Contoh: Entitas pengarang memiliki atribut nama, alamat, no telpon, dsb. Atribut digambarkan dengan lingkaran memanjang dalam ERD tapi jarang sekali dalam ERD atribut ikut digambarkan. Atribut juga sering disebut dengan field atau kolom dalam suatu ERD.
Tahapan-Tahapan Pembuatan ER-D
  1. Identifikasi dan menetapkan seluruh himpunan Entitas.  Untuk lebih jelasnya, klik disini
  2. Menentukan Atribut Key dari masing-masing himpunan entitas. Untuk lebih jelasnya, klik disini
  3. Identifikasi dan menetapkan seluruh himpunan Relasi di antara himpunan Entitas yang ada beserta kunci tamunya (foreign key). Untuk lebih jelasnya, klik disini
  4. Menentukan derajat relasi untuk setiap himpunan relasi. Untuk lebih jelasnya, klik disini
  5. Melengkapi himpunan relasi dengan atribut-atribut deskriptif. Untuk lebih jelasnya, klik disini

1. Identifikasi dan menetapkan seluruh himpunan Entitas
            Sebagaimana telah disebutkan, himpunan entitas mewakili sebuah kumpulan entitas yang jelas eksistensinya dan dapat berdiri sendiri. Akan tetapi, himpunan entitas mana saja yang kita pilih tidak hanya tergantung pada jenis topik/sistem yang kita tinjau, tetapi juga ditentukan oleh seberapa jauh ruang lingkup yang kita ingin akomodasi dalam rancangan basis data. Dalam lingkup sistem perkuliahan sesungguhnya ada banyak sekali himpunan entitas yang bisa kita libatkan seperti Mahasiswa, Kuliah, Praktikum, Dosen, Asisten, Ruang, Jurusan dll.
            Namun dalam lingkup sistem perkuliahan yang sederhana, kita dapat identifikasi adanya tiga buah himpunan entitas , yaitu Mahasiswa, Kuliah dan Dosen
http://ziez-share.com/wp-content/uploads/2012/11/1-300x33.jpg
2. Menentukan Atribut Key dari masing-masing himpunan entitas.
            Atribut-atribut key yang kita sertakan di masing-masing himpunan entitas merupakan atribut terpenting yang dapat mengidentifikasi(membedakan) setiap entitas yang ada didalamnya. Keberadaan atribut ini juga akan  memberikan keyakinan tentang kebenaran eksistensi dari setiap himpunan entitas. Salah satu ciri dari himpunan entitas adalah kemandiriannya. Dengan mudah dapat kita sepakati, bahwa pengidentifikasi setiap entitas secara unik, dihimpunan entitas Mahasiswa adalah atribut nim, lalu dihimpunan entitas Kuliah adalah atribut kode_kul, dan dihimpunan entitas Dosen adalah atribut nama_dosen
 http://ziez-share.com/wp-content/uploads/2012/11/2.png
3. Identifikasi dan menetapkan seluruh himpunan Relasi di antara himpunan Entitas yang ada beserta kunci tamunya (foreign key).
Langkah ke-3 ini sangat penting dalam pembentukan Diagram E-R. Ketepatan dalam menentukan relasi yang terjadi diantara himpunan entitas akan menentukan kualitas rancangan basis data yang kita bangun. Relasi yang kita tetapkan harus dapat mengakomodasi semua fakta yang ada dan menjamin kebutuhan pengajian data, akan tetapi dalam sisi lain juga harus dibuat seoptimal mungkin agar tidak memakai ruang penyimpanan yang lebih besar. Untuk itulah , relasi yang sifatnya tidak langsung harus ditiadakan. Himpunan relasi mempelajari dan mengajar merupakan relasi langsung yang terjadi diantara himpunan entitas Mahasiswa dan Kuliah serta antara himpunan entitas Dosen dan Kuliah , dapat di gambarkan sebagai berikut:
            Himpunan relasi Mempelajari akan dapat mengakomodasi adanya fakta tentang sejumlah Mhs yang menganmbil mata kuliah tertentu, demikian juga dengan himpunan relasi mengajar yang dapat mengakomodasi fakta tentang dosen yang mengajar mata kuliah tertentu.
http://ziez-share.com/wp-content/uploads/2012/11/3.png
4. Menentukan derajat relasi untuk setiap himpunan relasi.
Karena memang fakta memperlihatkan bahwa seseorang mahasiswa boleh mengambil beberapa mata kuliah sekaligus, maka derajat relasi antara himpunan entitas mahasiswa & kuliah adalah banyak ke banyak. Sementar itu fakta yang menunjukan bahwa dosen dapat mengajar beberapa mata kuliah , maka derajat relasi antara himpunan entitas dosen dan kuliah adalah satu ke banyak, maka dapat kita gambarka Diagram E-R sebagai berikut:
 http://ziez-share.com/wp-content/uploads/2012/11/4-300x81.png
5. Melengkapi himpunan relasi dengan atribut- atribut deskriptif.
Langkah terakhir ini merupakan langkah pelengkap sehingga tidak seperti langkah-langkah sebelumnya. Keberadaan atribut deskriptif ini merupakan refleksi pengakomodasian terhadap fakta.
 http://ziez-share.com/wp-content/uploads/2012/11/5.png

6 komentar:

  1. makasih mass infonya..
    Daftar Web yang menyediakan info seputar bola,
    prediksi bola ter-update..
    berita bola TERBARU DAN TERPERCAYA ada di pastibet.com , bola368.com , bola368.net , bola368.org
    Buruan Gabung..!!

    ReplyDelete
  2. mas diagram erd dan eer sama apa

    ReplyDelete
  3. Terimakasih kak artikelnya sangat membantu saya untuk memahami kembali tentang PEMBUATAN ER-DIAGRAM. karena kadang saya sedikit lupa, ditunggu next artikelnya

    Kunjungi Blog saya di
    http://aurelliafemilya.blogspot.com

    Dan Kunjungi juga
    http://www.atmaluhur.ac.id/

    ReplyDelete

Powered by Blogger.