"Selamat Datang Di Kinabi Poetra | Blog"

4 Mei 2013

Pengertian & Jenis-jenis VGA Card

,
Pengertian dan jenis-jenis VGA Card - Orang yang bergelut dalam dunia komputer tentunya tidak asing lagi dengan hardware satu ini yaitu VGA Card. tetapi banyak halnya yang baru belajar komputer tentunya butuh penjelasan yang lebih lanjut, nah,, Kang Zain kali ini share artikel mengenai VGA Card mulai dari pengertian atau definisi VGA Card, jenis-jenisnya dan kelebihan juga kekurangannya. berikut penjelasannya.

Pengertian VGA Card
VGA card Atau nama latinnya Video Graphic Array adalah sebuah perangkat keras yang melakukan rendering atau pemrosesan output berupa visual yang ditampilkan pada layar monitor. VGA singkatan dari Video Graphic Accelerator, sesuai dengan fungsinya diatas. VGA card berhubungan langsung dengan tampilan di layar monitor. Kata “card” menunjukkan bahwa bentuk VGA card mirip dengan kartu yang ditancapkan pada slot yang ada di motherboard komputer anda.

Jenis- Jenis VGA Card
VGA terbagi menjadi 2 (dua) jenis yaitu :
1. VGA Integrated atau bisa juga disebut dengan VGA Onboard. 

adalah VGA yang  sudah terpasang pada Mainboard. Kualitas VGA jenis ini tidaklah begitu bagus, namun jika hanya digunakan untuk mengakses program office ataupun game yang tidak terlalu berat. Perlu kita ketahui bersama bahwa VGA Onboard itu mengurangi jumlah memori utama. Semisal kita mempunyai memori 1 Gb dan menggunakan VGA Onboard 256 Mb, maka jumlah memori yang digunakan oleh sistem komputer adalah 1 Gb – 256 Mb atau sejenis dengan 1000 Mb – 256 Mb  = 744 Mb, kecuali kita menggunakan Mainboard yang jenisnya autosharing, maka ini dapat membagi penggunaan memori sistem dan VGA.
Contohnya seperti gambar dibawah ini:


2. VGA Offboard atau VGA Card add-on

Merupakan VGA yang belum terintegrasi pada mainboard atau belu ada VGA pada Mainboard. VGA Offboard kualitasnya lebih baik dari pada VGA Onboard. Untuk VGA Offboard ada beberapa jenis yang diantaranya adalah : VGA PCI, VGA AGP, VGA PCI EXPRES.

Contoh VGA Offboard :


Kelemahan dan kelebihan (VGA card Onboard dan Offboard )

1. VGA card Onboard
kelebihan yakni sudah satu paket dengan motherboard, sehingga dipastikan tidak akan ada masalah dengan komputer anda ketika digunakan. Terlebih lagi, VGA card on-board bisa dikatakan gratis. Setiap anda membeli motherboard, pasti sudah terpasang VGA card on-board. Tentu saja ini sangat baik untuk anda yang memiliki budget terbatas dalam pembelian komputer.

Kekurangannya adalah VGA card on-board tidak memiliki memori sendiri. Hal ini berakibat “pemotongan” memori utama CPU atau laptop anda yang dikenal dengan RAM untuk digunakan oleh VGA. Jika RAM terbatas, tentu saja kinerja PC secara keseluruhan akan menjadi lambat.

2. VGA card Offboard atau add-on.
kelebihannya adalah bisa melakukan pekerjaan rendering berat dan tidak “memakan” memori utama atau RAM dalam CPU. Proses yang melibatkan grafis tidak akan membebani prosesor dan komputer anda akan lebih cepat dalam memproses sesuatu. 

Sedangkan kelemahannya adalah harganya mahal, bahkan bisa lebih mahal dari seperangkat motherboard ditambah dengan prosesor dan RAM. Selain itu, kelemahan lainnya adalah membuat komputer anda membutuhkan tenaga listrik lebih besar dari biasanya. Jika anda memiliki power supply yang kapasitasnya tidak besar, maka kinerja komputer tidak akan normal, sehingga anda diharuskan mengganti power supply dengan yang lebih tinggi dan tentu saja ini harganya tidak murah.

Semoga bermanfaat gan . . .


0 komentar to “Pengertian & Jenis-jenis VGA Card”

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.